Tips Anti Baper

6/14/2017 02:47:00 AM

Gampang baper emang paling gak enak. Hidup serasa dipenuhi sama perasaan hatinya sendiri. Kesel, sedih, dengki, gondok, kegeeran, minder, pokoknya ngabisin energi dan jadi capek sendiri.

Belom tambahan bully dari sekitar. "dih, baperan banget si.." makin aja tambah baper.

Deket sama orang yang baperan juga bikin capek. Harus bener-bener jaga omongan dan tingkah laku. Atau berkali-kali harus menjelaskan makna yang kita maksud.

B..b..bbukan gitu maksud aku! | boong ah boong! | AAA!! 😬

Katanya sih tipe "feeling" lebih gampang baper. Goresan lembut seakan-akan merobek-robek hati. Tapi bukan berarti tipe "thinking" gak bisa baper.

Baper itu manusiawi. Tapi wajib hukumnya bisa mengelola hati. Kenapa? Karena dunia terlalu kejam jika membiarkan hati yang melulu lemah. Salah juga jika melulu berlindung dibalik alasan, "Jangan salahin orang yang baper dong,"

Hati harus dilatih untuk bisa kuat menghadapi badai, tsunami kehidupan. Dunia tidak sebaik itu padamu.

Mari kita belajar pada orang yang paling layak baper dari seluruh umat manusia, tapi dia gak baper.

Manusia yang selama 23 tahun menyampaikan kebenaran. Mengajak orang lain merasakan cahaya dan kasih sayang Allah. Memikirkan cara agar membuat sebanyak mungkin manusia masuk Surga.

Tapi apa balasannya?

Dicaci maki. Dilempar batu. Diinjak kepalanya saat sujud. Diguyur kotoran saat salat. Dikatain orang gila, penyihir, penyair, gak waras. Diperangi, diboikot, hingga buron untuk dibunuh!

Dia sangat layak untuk baper. Marah, kesel, benci, pundung, mau udahan aja berdakwahnya. Tapi ia selalu mampu mengelola hatinya dengan baik. Ia mampu menyelesaikan tugas peradabannya dengan gilang-gemilang.

Bahkan saat darahnya mengucur akibat dilempari batu oleh penduduk Thaif, ia tampung darahnya agar tak sampai setetes pun jatuh ke bumi. Karena ia tahu, jika sampai darahnya jatuh, murka Allah akan menimpa penduduk Thaif.

"Wahai Muhammad maukah aku timpakan gunung ini kepada penduduk Thaif karena telah menyakitimu?" tanya Jibril.

"Jangan.. mungkin dari keturunan mereka akan muncul generasi yang mencintai Allah dan Rasul-Nya," Di saat malaikat pun baper, ia tetap tidak baper dan amat bijaksana.

Bahkan saat turun ayat, "Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman." (Al-Baqarah:6)

Rasulullah bilang, "Kalau begitu aku pilih tetap beri peringatan. Mungkin dari keturunanya akan lahir orang yang mencintai Allah."

Bahkan saat turun ayat, "Kamu mohonkan ampun bagi mereka atau tidak kamu mohonkan ampun bagi mereka adalah sama saja. Kendatipun kamu memohonkan ampun bagi mereka tujuh puluh kali, namun Allah sekali-kali tidak akan memberi ampunan kepada mereka." (QS. Attaubah:80)

Rasulullah bilang, "kalau begitu aku pilih mohonkan ampun. Mungkin jika lebih dari 70 kali Allah akan mohonkan ampun padanya."

Betapa agung, betapa mulia. Hatinya amat kuat, bersih, luas, dan menawan. Manusia paling anti baper! Lalu apa rahasianya?

Ternyata sejak awal masa kenabian, Allah sudah turunkan bekal, tips Anti Baper.

Mau tau? mau banget? wkwk

Ini dia tips agar punya hati yang lebih kokoh dari gunung.

Ayat ayat suci memang berat. Ia dapat membuat gunung tunduk terpecah belah jika AlQuran diturunkan padanya. Ia membuat rambut nabi cepat beruban. Ia membuat Anas bin Malik terjungkang saat memangku Rasulullah yang sedang menerima wahyu. Ia membuat unta menderu dan terperosok saat Rasulullah menerima wahyu di atasnya.

Ayat ayat suci memang berat. Ia membalikkan 180 derajat tradisi kebodohan bangsa Arab. Bahkan merubah peradaban bumi hingga ribuan tahun ke depan.

Tapi Allah Maha Tahu. Ia turunkan tips Anti Baper dalam surat Al-Muzammil 1-7. Ialah perintah salat malam pada sepertiga malam terakhir.

"Wahai Khadijah, waktu untuk tidur-tidur dan bersantai sudah berakhir," begitu ucap Rasulullah saat perintah salat malam ini turun.

Sejak saat itu, Rasulullah selalu menghidupkan malam dengan sujud dan rukuk pada Tuhannya. Tempat Rasulullah mencurahkan segala beban dan kesulitan, meminta kekuatan dan pertolongan.

Salatnya amat panjang hingga membuat kakinya bengkak-bengkak. Hatinya khusyuk, hingga tercekat tak mampu melanjutkan ayat dalam Al-Fatihah.

"Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya Engkau lah kami mohon pertolongan." Lirihnya terisak-isak dengan berlinang air mata.


Ternyata tips anti baper sudah ada sejak 1400 tahun lalu. Apa yang lebih membahagiakan selain punya hati yang selalu tenang dan damai?


Akhir kata, selamat menghidupkan malam!

#Pikirantumpah
#TipsAntiBaper


Sumber:
1. Al Hasyr: 21
"Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir."
2. Al-Muzammil 1-7
3. "Pertentangan Awal terhadap Rasulullah" kajian Salim A. Filah
4. Tafsir Ibnu katsir, Hadits, dll
wkwk sumber macam apa ini 😂

You Might Also Like

0 komentar

Instagram