Buku Catatan Paling Canggih

6/14/2017 02:42:00 AM

Pernah kepikiran gak gimana canggihnya rapor amal manusia di hari perhitungan nanti?

Sebuah buku catatan yang tidak melewatkan sebiji zarah pun kebaikan atau kejahatan manusia. Memiliki sistem pendataan super lengkap, rapih, terstruktur, dan multi dimensi.

Misal, dalam satu catatan amal saja: "Berkata kasar pada saudaranya." Maka malaikat dengan kemampuan super canggih menuliskannya dalam berbagai dimensi.

Semua diukur dan dinilai. Bagaimana intonasinya, pilihan diksinya, kondisi hatinya, gerak matanya, air mukanya, kondisi hati orang yang tersakiti, apakah berkelanjutan atau telah dimaafkan, dan seterusnya.

Semua tercatat dengan detail!

Jika satu perkara saja catatannya bisa amat panjang. Bagaimanakah jika seluruh hidup kita yang tercatat di dalamnya?

Bagaimana rasa degup jantung ini saat menunggu rapor itu dibagikan di bawah terik matahari padang Mahsyar. Bagaimanakah lemasnya tubuh ini saat rapor itu resmi diberikan. Dari kanankah? kiri? atau belakang?

Celaka!

Buku catatan paling canggih itu cepat akan lambat akan datang. Sudah siapkah?

"Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: ‘Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya.’ Dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Rabbmu tidak menganiaya seorang jua pun.” (QS. Al-Kahfi: 49)

"Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira.” (QS. Al-Insyiqaaq: 7-9)

Adapun orang-orang yang diberikan kitabnya dari belakang, maka dia akan berteriak: “Celakalah aku.”(QS. Al-Insyiqaaq: 10)




*hasil ngobrol sama teh Alvi
#RamadhanMenulis

You Might Also Like

0 komentar

Instagram