Turkey Project!

11/04/2016 11:57:00 PM

Entah sejak kapan aku punya ketertarikan sama negara satu ini: Turki! Mulai dari sejarah penaklukan Konstantinopel oleh Mahmed Al Fatih yang super heroik dan cerdas, sejarah tumbangnya sekulerisme di Turki, intrik politik cerdasnya Erdogan mengahadapai antek2 Israel, sampai kuatnya perekonomian Turki saat ini.

Turki menyimpan banyak cerita keren bertabur pelajaran dan teladan!

Omong-omong tentang Turki, pasti kalian ingat juga konflik timur tengah yang pernah di-blow up media kan?

Konflik berkepanjangan di Gaza, Palestina, konflik di Suriah, heboh bombardir Aleppo, konflik di Iraq, Iran, pembantaian ISIS, dan banyak lagi.

Jutaan orang kehilangan tempat tinggal, berpisah dengan anak, ibu, ayah, keluarga. Jutaan orang luka-luka, tewas. Ah, kondisinya teramat mengenaskan!

Kalau kalian kepo sedikit tentang konflik timteng ini di gugel, kalian akan melihat gambar bagaimana jutaan manusia melakukan migrasi hebat. Ada yang lewat laut dengan resiko badai dan ombak yang ganas, lewat darat dengan resiko terkena bom atau peluru.

Gambar anak-anak menangis, ayah mendekap erat sang buah hati, para ibu ketakutan, manusia tak lagi dimanusiakan! Air mata berlinang saat aku melakukan riset timteng, seseenggukan sendiri di depan komputer.

"Huu..kasiaaann...huuu...kok jahat banget sih! ya Rabbb" 😭😭 antara sedih ngeliat kondisi negara-negara yang dulu makmur jaya di bawah Kepemimpinan Islam, dan kesel liat kondisi sekarang yang hancur lebur gitu, tapi ga bisa ngapa-ngapain. Jadinya cuma bisa nangis deh, wkwk dasar cewek 😂

Jutaan orang mengungsi ke berbagai negara terdekat, Lebanon, Iraq, Turki, dan negara negara Eropa. 4 juta pengungsi di antaranya ada di Turki. (Ya Allah kok baik banget sih bang Erdo!)

Nah, para pengungsi inilah yang akan menjadi #TurkeyProject kami. Bagaimana perjalanan mereka sampai di Turki? Bagaimana mereka bertahan di musim dingin? bagaimana mereka bekerja? bagaimana keluarge mereka? kerinduan mereka sama Al Aqsa, cita cita? mimpi? harapan? WOOHH!! REALLY REALLY EXCITED!!

Apa itu Turkey Project? bukan bukan, bukan skripsi saya, wkwk 😂😂

Baiklah saya ceritakan. Proyekan Awesome ini bermula sejak pertengahan Ramadhan 2016 lalu. Ada chat yang masuk ke hp ku, wah dari Teh Imun (dosen jurnalistik saya):

"Qoonit, mau ikut liputan ke Turki? kita akan liput pengungsi Gaza dan Siria di sana, produknya buku dan video."

WOW! WOW! AAK SPEECHLESS!

Beku sesaat, tapi 0,3 sekon kemudian langsung kubalas, "MAUUUUU..." 😂😂 ga pake mikir lagi. Abis itu baru izin Umi dan Abi. (Kaco emang anaknya, wkwk)

"Mi..bi..liat deh" sambil liatin hp takut, takut, tapi ngarep.

Umi baca sebentar lalu berkata, "Ikut aja kalo menurut umi mah, kesempatan kek gini ga dateng dua kali." Abi ternyata punya pendapat yang sama, "Ikut qoon ikut!"

Uuwwhh (kita emang sama gilanya)...dabest banget Umi dan Abi akuuh! loff 😍😍

Abis itu baru galau-galau sendiri macem,
"eh tapi tulisan aku kan ga bagus bagus banget. eh tapi fotografi dan videografi aku kan standar banget. keknya aku ga pantes deh, masih banyak yang lebih pantes."

Tapi sisi kepedean Qoon yang lain ikut berbicara, " Qooon! Pliss! Its gonna be a GREAT GREAT ADVENTURE! pasti kamu bisa kok! Bismillaahh!"

wkwkwk...tengkyu sisi Qoon yang super optimis 😂😂😂 Ya Allah bantu Qoon yaa..

Aku super sadar kok, ini akan menjadi hal gila lainnya di tingkat akhir perkulihan.  Bakal ada amanah baru, kesibukan baru, dan pengorbanan baru.

tapi saat lelah, selalu ingat ayat cinta-Nya yang bilang, "Dan barangsiapa yang berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu untuk dirinya sendiri." (Al-Ankabut:6)

So Deep!

Saya yang teramat gembel, menyedihkan, dan mengenaskan, dalam hal amalan kebaikan ini lah, yang membutuhkannya. Aaaanddd...here we go! Sebuah persembahan kecil untuk Palestina dan Siria untuk saya sendiri, haha 😂😂

masih adakah yang bertanya, "kenapa sih mikirin yang jauh? saudara di Indonesia banyak yang harus dibantu tauk" jawabannya..

"Sebuah kebaikan bukan untuk dipertanyakan, tapi untuk disaingi kawan.."

Semoga Allah selalu luruskan niat,  dan mudahkan segala urusan di depan sana. Amin!

Sampai jumpa! Jangan kangen! 😂

You Might Also Like

0 komentar

Instagram