Once Upon a Time, There was Humanity.

7/04/2016 12:03:00 AM

Semua juga tahu, bumi ini selalu penuh dengan peperangan. Tak bosan bosannya menumpahkan darah makhluk yang bernama manusia itu.

Namun, ada sebuah tempat di bumi ini yang selalu jadi bahan rebutan. Tak sungkan manusia saling menghancurkan. Sudah ribuan tahun lamanya. Wilayahnya kecil saja, hanya seperempat Pulau Jawa. Duh duh, tapi konfliknya luar biasa.

Perebutan daerah ini berlangsung sejak tahun 637 hingga saat ini. Itu berarti 1379 tahun lamanya wilayah ini tak pernah berhenti berperang. Wilayah apakah itu? Mengapa begitu spesial hinga diperebutkan ribuan tahun?

Ialah Palestina. Dahulu bernama Syam, tempat Rasulullah muda belajar berdagang, ingat?

Dalam negeri ini juga terdapat Masjid Al-Aqsa, kiblat pertama umat Islam, tempat Rasulullah mengimami Nabi dan Rasul pada saat Isra Miraj, dan titik tolak Nabi Muhammad bersama Jibril naik menuju Asry menembus tujuh lapis langit.

Bukan hanya Rasulullah, Palestina ternyata juga negeri para nabi, seperti Nabi Ibrahim, Ishak, Sulaiman, Musa, dan Daud. Mereka lahir dan berdakwah di Palestina. Ingat kisah kisah para nabi itu kan?

Palestina ternyata menyimpan catatan sejarah dan keberkahan yang luar biasa bagi umat Islam. Namun, rupanya perasaan ini tak hanya dimiliki umat Islam.

Israel dengan bangsa Yahudinya, juga merasa memiliki Palestina. Dalam kitab sucinya, Talmud, Palestina adalah "Negeri yang Dijanjikan" untuk bangsa Yahudi. Pun peninggalan King Solomon, alias Nabi Sulaiman juga menjadi alasan mereka untuk merebut Al-Aqsa.

Katanya banyak sisa peninggalan King Solomon di bawah masjid Al Aqsa. Padahal hingga saat ini tak pernah terbukti. Gak ada tempat lain ya selain di bawah Al Aqsa? KZL!

Meletus lah peperangan demi peperangan. Kira-kira begini lini masa singkatnya.

637 M : Pemerintahan Umar bin Khattab merebut Palestina dari Kerajaan Romawi
1099 M : Tentara Salib merebut Palestina. 40.000 muslim dibantai
1187 M : Al Quds kembali direbut umat Islam oleh Salahudin Al Ayubi
1517-1918 : Palestina di bawah pemerintahan Khilafah Turki Utsmani
1918 : Palestina dikuasai penjajah Inggris dan memberikan hak bangsa Yahudi untuk memasukinya
1948 : Deklarasi berdirinya negara Israel
1967 : Israel menguasai seluruh daerah Palestina
1987 : Gerakan Intifadah, untuk membebaskan Palestina
1993 : Perjanjian Oslo, pengakuan Israel terhadap Gaza
2000-2009 : hengkangnya Israel dari Gaza, intifadah AlAqsa
2012 : Penyerangan Israel ke Gaza selama 22 hari
2014 : Penyerangan Israel ke Gaza selama 55 hari. Pertama kalinya Israel menutup paksa AlAqsa.

Hingga saat ini pertempuran masih terus terjadi. Sudah puluhan ribu nyawa melayang, rumah warga, rumah sakit, sekolah, masjid hancur! korban luka sudah tak terhitung.

Hey hey, bukankah ini sebuah tragedi kemanusiaan yang sangat dahsyat? Pelanggaran HAM terjadi tiap waktu, kejahatan perang dimana-mana. Mengapa seakan dunia damai-damai saja? Media hening, aman, sentosa, bagaimana mungkin?

Jawabannya sangat mungkin. Lihat saja siapa penguasa media saat ini. Maka kau akan tahu jawabannya.

Pun semoga kelak ada media Islam global yang mampu mengangkat Isu tragedi kemanusiaan Palestina setinggi langit. Hingga dunia tahu ada kondisi genting di bagian terpencil bumi ini.

Dan semoga tulisan sederhana ini, dan dari penulis yang tidak terkenal ini, sedikitnya bisa membawa pengaruh untuk kebaikan Palestina :''

Palestina milik umat Islam, ia tanah suci kita. AlAqsa sama derajatnya dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Tak terketukkah hatimu kawan? Doakan Palestina dalam tiap salatmu, donasikan harta terbaikmu, ajak kawan-kawanmu.

sumber:
www.knrp.org
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Israel
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Negara_Palestina
http://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/15/08/18/nt9os8313-sejarah-palestina-jadi-tanah-yang-dijanjikan-1
http://malformalady.tumblr.com/image/97821662278

You Might Also Like

0 komentar

Instagram