Stop Motion, di Balik Layar

12/30/2012 12:13:00 PM

Belakangan ini aku jadi sering bikin stop motion, kesannya seperti gak ada kerjaan lain ya -,-
 ketauan banget gabutnya fikom, hahaaa..
tetapi ini sangat menyenangkan! :D

Waktu pertama kali aku melihat stop motion buatan temen kosan emang langsung jatuh cinta pada pandangan pertama *.* waaah kok bisa? gimana caranya? ajariiin dong, pokoknya ajarin! sambil narik-narik bajunya dia gak nyantai. Setelah diajarin ternyata caranya teramat mudah sekali. hihihi... :)

Karena banyak yang nanya juga, sekarang aku mau membagi sedikit ilmunya, hehe :p sangat disarankan mencari refrensi lain, oke?

Bagaimana cara membuat stop motion?

Ini masih sederhana sih, maklum aku juga masih pemula. Kalau mau lihat yang professional sok lah cari aja di youtube karya orang-orang yang bikinnya super niat dan makan dana yang besar pula. Stop motion yang aku buat tidak memakan dana sepeser pun, hehe.. gunakan saja alat yang ada.

Oke, langsung saja:
1. Cari ide, cari konsep. Tujuannya apa, untuk siapa. Ini bagian tersulit menurut saya karena semuanya berawal dari sini. Keluarkan semua ide gila dan kreativitas kalian! :D Karena ini stop motion buat se-magic mungkin, berekspresilah sebebas-bebasnya! :)
misalnya seperti ini:







2. Stop motion sangat melelahkan jika dikerjakan sendiri, coba cari teman, kalau konsepnya sederhana dua orang juga cukup. Satu orang di belakang kamera, tugasnya hanya memencet tombol shutter, sesederhana itu. Satu orang lainnya menggerakan objek sesuai skenario.
3. Siapkan kamera dan tripod. Tidak harus SLR, tidak harus tripod. Intinya: buat kamera dapat memotret objek terus-menerus tanpa merubah posisi kamera sama sekali. Kamera harus freez, zoom, angel, jangan berubah, bahkan pencahayaan juga dijaga agar tetap konstan, kecuali konsep kalian memang demikian.

4. Siapkan peralatan untuk objek pemotretan kalian.
5. Potretlah setiap pergerakan seperti yang kalian inginkan.
Jangan kaget, jika ratusan foto yang kalian ambil hanya akan menjadi stop motion berdurasi beberapa puluh detik saja.
6. Setelah semua pergerakan diambil, kalian akan memiliki koleksi foto seperti diatas. Untuk stop motion yang sederhana tanpa suara, masukan foto tersebut ke photoscape di animated gif
7. Tidak puas hanya gerakan saja? masukan ke movie maker atau video pad, tambahkan lagu yang sesuai atau slide tambahan, padukan dengan video, atau apapun, sesuka hati kalian! :D

Selesaaaai!

Selamat berkarya!

Selamat bersenang-senang :D

You Might Also Like

0 komentar

Instagram