Tips dan Trik Lulus SNMPTN!

7/10/2012 12:40:00 AM

Cakkelaaah qoon.. sok banget deh mentang-mentang udah lulus! ahahahahaa... :p
ini bukan maksudnya 'sok' loh kawan! cuma mau berbagi pengalaman aja, dibaca doang atau diaplikasikan, ya monggo lah~ 
semoga bisa diambil pelajaran agar bisa lebih baik kedepannya! 

OKE! :)) Ini dia:


1. Sebelum SNMPTN
Buat kamu yang sekarang masih duduk di kelas-10, cobalah kenalan lagi lebih dekat dengan diri sendiri. Cari tahu minatnya apa, tertariknya sama pelajaran apa, atau pengen jadi apa, dan sebagainya. Kalau masih bingung juga coba deh ikut tes minat bakat, semoga terbantu. Why? karena cuma CITA-CITA yang bisa ngepush kamu setara sam kuencengnya shuttle space berangkat ke bulan. *whuuuuzzzzzzz!!*

Kalau udah tahu kira-kira minatnya dibidang  apa. Cobalah mencari tahu apakah yang kamu pilih sekedar karena TERTARIK atau BERBAKAT. pelajari bidang tersebut -secara garis besar aja- Misalnya, mau milih arsitektur, coba kenali, Arsitek itu berhubungan banget sama gambar prespektif, dan gambar prespektif itu jelimet banget guys, Nah, kamu bisa gak gambar kayak gitu, menentukan bayangannya, "Bisa gak lo? hah? bisa gak nit??" *abaikan* kalo enggak berarti kamu hanya tertarik dengan bidang tersebut tapi tidak berbakat. *UHUK* Mengerti sampai sini?


Tahap selanjutnya, mulai dari kelas 10 sampai lulus! bangun mental kerja keras dalam dirimu. Hindari, atau biasakan, atau setidaknya, cobalah untuk tidak menyontek. Berlakukan hukum sebab akibat dalam kehidupan kamu. Kalau kamu belajar maka kamu bisa, kamu tahu ilmunya, dan Alhamdulillah kalau dapat bonus nilai bagus, sebaliknya kalau kamu tidak belajar maka kamu tidak akan menguasai ilmunya dan dipastikan dapat nilai jelek. Bangun mental JUARA! 


Ikutlah berkompetisi menjadi yang terbaik di kelas -secara sehat loh ya- memang sulit sih, apalagi pasti bakalan ada 'raksasa-raksasa kelas' yang akan menempat tiga besar kelas kamu, tetapi setidaknya berusaha! kalau tidak ada suasana ini di kelas kamu, Cipatakan! Ini juga buat ngelatih mental kamu bersaing di SNMPTN. Untuk memperebutkan 123.225 kursi dari 618.804 peserta SNMPTN Kamu pasti akan bersaing ketat! apalagi yang mau universitas favorit! yaah..siapa yang gak mau kan?

Saat penjurusan, udah tau dong mau milih IPA atau IPS! Sesuaikan sama kemampuan masing-masing juga. Buat yang masih labil *pasti banyak kan?* *nyari temen -__-* dan merasa mampu di IPA mending pilih IPA aja deh, karena akan sangat membantu buat memperolah point sebanyak-banyaknya di Matdas --pelajaran yang menjadi momok buat sebagian besar anak IPS-- lumayan kan? hehe..

Ketika memasuki kelas 12. Saya sangat menyarankan untuk ikut bimbingan belajar, langsung aja ikut yang buat persiapan SNMPTN, kecuali kamu orang yang diatas rata-rata dan bisa belajar sendiri lewat latihan soal, atau buat kamu yang kurang beruntung tidak bisa bimbel coba minta-minta duit *eh slalah* minta-mintain soal-soal dari temen kamu yang bimbel, coba kerjain semampunya, yang tidak bisa coba ditanyakan sama teman yang bisa. Mosok sih temen kamu gak mau bantu, hehe.. :p Gak usah terlalu takut banget sama UN, sekolah bakalan ngedrill kamu sama soal-soal UN, pasti seiring waktu kamu jago deh ngerjain soal UN, eh, tapi jangan dianggap sepele juga, yaah you know me so well laah *apa sih qoon*


Satu bulan sebelum SNMPTN untuk yang bimbel akan ikut intensif SNMPTN. Nah, dalam waktu satu bulan ini, mungkin  inilah ujian terberat kamu dalam meraih impian kamu. Seberapa kuat kah kegigihan kamu dalam meraih impian? Seberapa kuat mental juara kamu? Seberapa kuat kamu memilih antara kesenangan sementara dan kesenangan sebenarnya? Seluas apa kesabaran kamu dalam menghadapi soal-soal SNMPTN? Semua akan terlihat disini dan pastinya SANGAT mempengaruhi dalam meraih impian kamu. Jadi, penting memupuk mental juara guys! Kalau ada tugas dari sekolah kerjakan dengan sungguh-sungguh, ada ulangan belajar, belom mengerti belajar lagi! *angel banget kayaknya gue yak, ahahhaaha*

Oh iya, ini tidak kalah penting, simak baik-baik : Sertakan Allah dalam mengejar impiamu! 
Jangan lupa perkuat ibadah kamu, tambahkan intensitas doa. ingat Allah says "Berdoalah kepadaku maka akan aku kabulkan :)" *gak pake senyum juga qoon* tahu kan waktu-waktu ketika doa mudah diijabah: satu pertiga malam terakhir, selesai salat, antara azan dan iqamah, saat berbuka, dan ketika sedang teraniaya *kasian amat -..-* Berdoalah dengan detail, bersungguh-sungguh, dan totally yakin! Oke :)

Oh iya, jangan lupa refreshing! Biar tetep happy :D ahahaha.. yah! seminggu sekali boleh laah~


Seminggu sebelum SNMPTN, ringankan gaya belajar, perbanyak refreshing!

Jangan lupa gunakan "pelicin" untuk kesuksesan kamu! Pak Zaki sering berpesan, "Banyak loh anak yang diatas rata-rata, TOnya 900, Wuiih pokoknya gak nahan deh otaknya! tapi  tidak lolos, ada juga yang biasa-biasa saja, bahakan di bawah rata-rata tapi bisa lolos. Anak-anak sering lupa dengan pelicin ini: Bersedekah, Minta doa orang tua, Bermaafan, Mengerjakan amalan sunah, dan Berpuasa"
Kawan, mungkin buat kamu yang sekuler atau hedon "pelicin" ini tidak masuk akal, tetapi saya sebagai seorang muslim totally believe Allah punya peranan sangat besar dalam menentukan takdir kita, dan "pelicin" itu bisa mempermudah jalan kita :))


Satu hari sebelum SNMPTN, JANGAN BELAJAR, baca-baca soal-soal saja, baca doang! gak usah dikerjain OKE!

2. Saat hari-H
Ini adalah hari tersantai kamu! Tidak usah membawa apapun yang berhubungan dengan pelajaran ke lokasi ujian! ini bisa menambah kadar kesetresan kamu. Lakukan hal yang membuat kamu merasa rileks; dengerin musik, ngobrol sama temen, salat duha, atau apapun itu.


3. Setelah SNMPTN
Kalo kamu tipe orang yang penasaran, Gak usah deh bahas soal, mending minta kunci jawabannya langsung ke bimbel yang kamu ikuti, atau langsung simpen aja deh soalnya ke arsip kamu. Next! Refreshing lah! Whuuuuu..lega banget tau rasanya selesai SNMPTN. Yah~ gak usah lama-lama, enam hari cukup kok. Setelah itu, aku sangat menyarankan untuk lanjut ikut intensif SIMAK, untuk berjaga-jaga saja kawan!

SELESAAAI :))


OKKEE! sekiaan dari saya, semoga bisa bermanfaat dan mengantar kamu pada impian kamu ya!

You Might Also Like

0 komentar

Instagram