Polusi Cahaya

8/02/2011 06:39:00 AM

Polusi udara, polusi suara, atau polusi air pasti sudah banyak orang yang tahu, bahkan melakukan pencegahan dengan membuat poster atau iklan di tv, tapi, Sebagian orang mungkin belum mengenal polusi cahaya. Polusi yang satu ini benar-benar membuatku kesal! karena polusi ini menghilangkan gemerlapnya bintang-bintang di langit malam. Tadinya masih dimaklumi, karena ini kota Jakarta, Tapi ada orang yang secara sangat amat berlebih mengganti lampu jalan di dekat rumahku dengan lampu yang sangat terang.
Kalau pake katagori diatas, lampu yang dipasang termasuk 'very bad'. Hmmf.. dan ini sangat sukses menghilangkan kelap kelip bintang diatas gentengku. Mungkin mustahil untuk menyuruh orang mematikan, yah.. sebagian lampu di rumahnya hanya melalui tulisan sederhananya 'qoonit' ini. Tapi aku tetap berharap semoga suatu hari nanti banyak orang yang sadar untuk menggunakan lampu secara bijak pada malam hari. Lagi pula lebih hemat listrik, dan tidur yang sehat itu dengan kondisi gelap. Jadi, banyakkan manfaat menghemat energi lampu ini :)
Peta diatas memperlihatkan tingkat polusi cahaya di berbagai negara. Dan di pulau Jawa ternyata cukup tinggi juga. Pantas saja bintang disini sangat menyedihkan ;( !
mungkin ini mustahil, tapi tidak ada yang tidak mungkin kan! hehe.. semoga suatu hari nanti pemandangan dari atas gentengku bisa seperti itu. Suatu saat nanti! amiin :)

You Might Also Like

0 komentar

Instagram