Nyontek

12/03/2010 06:35:00 PM



Karena lagi pekan ulangan gue lagi pengen bahas tentang nyontek, bukannya mau sok suci atau apa, gue juga pernah kok nyontek, tapi emang sebisa mungkin gue hindari.
Budaya ini emang udah mendarah daging buat pelajar-pelajar Indonesia, sekolah sebagus apa juga nyontek-nyontek juga. Tapi, mikir ga sih kalo nyontek tuh ngerugiin kita sendiri, bukannya cuma kita, yang di contekin, orang tua. Kalo kita nyontek tanpa kita sadari kita ngebohongin banyak orang, guru, temen, orang tua, dan yang paling penting diri kita sendiri. Jadi kalo ada orang yang abis nerima LJK terus lolncat-loncat kegirangan "woooy ... guaaa 90!!"sambil pamer ke seluruh dunia yang nilainya nyaris perfect itu, tapi dia NYONTEK! please... deh ga usah seneng. Emang pasti seneng dapet nilai tinggi, siapa coba yang ga seneng, tapi itu cuma semu doang, beneran deh. Percumakan nilai yang dia dapet ga sesuai sama gambaran otaknya.
Terus yang lebih parah kalo orang nyontek sampe ganggu orang yang dicontekin kaya yang terjadi sama kembaran gue. Katanya lagi asik-asik ngerjain, semangat-semangatnya, udah ada jalan terang menuju jawaban, eh dari depan dan dari belakang nanya ga henti-hentinya, nyebelin banget kaan..?
Lagian coba pikir, kita belajar buat apaan sih? masuk universitas kan ? berarti perlu ujian kan? Nah, emang tu ujian masih mau nyontek juga? trus kalo masuk universitas masih mau nontek juga? terus mau sampe kapaaaaan? okeeeee..
lihat para pejabat kita, koruupsi udah parah banget, ga inget kehidupan setelah mati, itukan berasal dari hal yang kita anggap sepele, ga lain ga bukan : Nyontek!

Jadi, mending cobalah setidaknya kalau benar-benar tidak terdesak coba untuk tidak MENCONTEK, itu untuk kebaikan kita sendiri dan masa depan kita.
Pemenang sejati tidak mencontek.

You Might Also Like

0 komentar

Instagram