Hobi Baru

12/29/2010 12:19:00 PM

Kalau bertanya sama hati nurani yang paliiiing dalam, kira-kira begini:
Qoon : wahai hati kecilku apakah kamu senang mengerjakan soal astronomi?
HK : Tidaaaaaak, aku sama sekali tidak menyukainyaa!!
Qoon: Sungguh? bagaimana dengan Astrofisika, Fotometri.. (terpotong)
HK : Cukup, aku benar-benar tidak ingin membahasnya! hiks.. huuua.. TT
(efek dramatisasi oleh Farah Qoonita)

jawabannya sangat jelas terbaca di jidat gue kalo lagi latihan ngerjain soal gituan dulu. GUE GA SUKA! PUSING! UDAHAN! SUDAH CUKUP DENGAN SOAL-SOAL CACAT INI! begitu kira-kira bagi siapa yang bisa membacanya. yaaah.. manusia itukan kecerdasannya berbeda-beda kalo Mila, Adly, Winston, Sabrina, it's okay! emang kecerdasan mereka di analisis soal, hitung menghitung, pakoknya segala ilmu pasti. Kalo SAYA disuruh memilih OSN Astronomi sama OSN Melukis (kalo ada) pasti milih OSN melukis, karena dengan itu mambuat gue senang.
Nah, kalo dari kacamata gue, gue melihat Astronomi bukan dari soal-soal itu, bukan dari petuah ilmuan-ilmuan super jenius itu, yang gue liat Astronomi yaa dari sisi keindahannya, atau istilahnya langsung praktek! haha.. walaupun itu sulit, kalo benerannya (pake teropong=mahal), tapi yang sederhana aja, kaya star party, menghubungkan bintang satu dengan lainnya hingga menjadi rasi yang diinginkan para romawi. liatin siklus bulan yang menurut gue mau bentuknya gimana aja tuh bulan tetap indah, Dan ini menjadi HOBI BARU SAYA ayo aku ceritakan!

Semuanya bermulai di Ipb pada tanggal 14 maret 2010 yang berarti kurang lebih udah 9 bulan gue jadi seneng dongak-dongakin kepala pagi, siang, sore, malem. jadi seneng :
1. merhatiin kondisi langit, khususnya sun rise, sun set, langit cerah, bagaimana kondisi awan

2. Benda langit, apapun! mathari saat terbit, biasanya keliatan dari kaca spion motor kalo lagi berangkat sekolah indaaah sekali, menambah semangat gue berangkat kesekolah (asek dah), abis itu nyempetin liat matahari dibelakang sekolah yang emang kondisinya memungkinkan. atau saat akan terbenam saat mataharinya lagi merah-merahnya tidak menyilaukan mata. melihat matahari benar-benar keluar dan masuk horizon sangat menyenangkan
3. Siklus bulan. Dari yang umur sehari(tapi bulan tua) bulan sabiit yang bener-bener tipiiis banget, 2hari, 3 hari, bulan setengah, setengah lebih (ga ilmiah amat yak), Purnama bulan yang paling eksotis, pernah liat semua, dan semuamnya punya keindahan tersendiri
4. Rasi-rasi bintang, ini yang berhasil saya liat :
1) Crux, rasi layang-layang, rasi pertama yang saya ketahui
2) Scorpio, kalajengking yang melengkung indah di langit selatan, dengan antares sebagai jantungnya.
3) Pendampingnya Centaurus, manusia setengak kuda
4) lupus
5) Pavo si merak
6) Ophicius zodiak ke 13
7) Sagitarius, si pemanah
8)burung-burungan: Aquila
9) Phonex
10) Cygnus
11)Rasinya Tirex Orion
12) Canis Major dan Siriusnya
13)Hercules, yang perkasa
14) Lyra dan veganya
15) Taurus yang didampingi cluster pleiades yang indah bak taburan berlian
16) Ursa minor yang mirip gayung
17) Corvus yang ga jelas yang ternyata burung
18)libra timbangan
19) lepus si kelinci
20) putri cantik Andromeda
21) Perseus prajurit gagah berani
22) putri anggun Casiopeia
23) Ara meja obor
24) segitiga Triangulum australis
25) auriga dengan Capellanya
26) Kapal megah Puppis
27) si kembar Gemini

that's all yaampuun berarti masih ada 61 lagi yang belom diliat, next time mungkin..
5. Planet, si bintang kejora Venus. Jupiter yang bersinar umpama berlian, Mars yang merah, Saturnus yang kalo pake teropong baru keliatan cincinnya
6. Yang terakhir baru ngeliat 2 kali, Penjelajah langit Meteor, WOOOA! waktu itu subuh-subuh keatas soalnya denger-denger langitnya cerah, eh bener banyak bintang, waktu itu abis solat subuh gue berdoa "ya Allah pengen liat meteor". yang emang waktu itu lagi musimnya hujan meteor. Udah mau udahan liat bintnagnya eh pengen liat lagi untuk terakhir kalinya. Lewat deh tu Whuzzzz! ga sampe 1 sekon! tapi langsung seneng banget! pamer ke semua orang. wahaha..

Naaah.. menurut gue ituutuh yang namanya Astronomi jangan liat kertas sama kalkulator doaang.. hehe, ayolah tengok ke atas sana, Karya seni maha hebat karyanya Tuhan yang menciptakan semua Alam raya. gratis! ga pake bayar, indaaah bukaaaan..

You Might Also Like

0 komentar

Instagram