Aku dan Astronomi

7/02/2010 08:31:00 AM

Tulisan ini sebenarnya seperti pengakuan, atau yaah.. sekedar berbagi cerita.
Ehm, okay semua berawal dari IPB (Institut pertanian Bogor), kami, saya dan kedua teman saya Eni dan Fathia lagi iseng-iseng ikut acaranya HAAJ, star party . Bisa diliat sendirikan gimana bahagianya kita, masih norak-noraknya megang teropong, dengan background hijau rumput, penuh kedamaian dan kebahagiaan kan..

Naah, tapi siapa yang tau, ternyata itulah awal mula dari segalanya.

Jadi waktu itu karna kita emang bener-bener cuma bertiga ga kenal siapapun, udah kaya anak ilang banget dah, ga ada kerjaankan.. acara juga belom mulai, fathia iseng smsan sama ka beni (ketua sc astronomi di 39), fath dijakin ikut OSN , (karna emang dari semester 1 kita udah ikut sc astronomi yang ga pernah jalan sama sekali) saya dan Eni juga diajak, kita juga mikir, gimana mau ikut ga pernah ada pertemuan kan? terus kita juga bukan termasuk anak yang pinter pinter banget dikelas, tapi karena kita anak nekat dan semuanya tentang kesenangan. Lalu sambil tertawa-tawa penuh canda kita membayangankan kehebatan dan gengsi kalau kita nanti di SPEND gara-gara kita ikut OSN, kita dengan senang hati ikut, siapa takut!

Ternyata, tahun ini sekolah masih baik, kita dikasih pelatihan 2kali, yang ehm.. maaf ya ka Roni kita ga ngerti sama sekali, inget banget waktu saya pelatihan baru sebentar langsung laper, terus dikit-dikit nengok ketemen "eh, lu ngerti ga?" dan "hah? enggalah!" lalu tertawa bersama-sama. Kayanya Ka Ronny Syamara itu juga 'gemes' sama kita, kira-kira dijidatnya ada tulisan "ini murid-murid bego banget si!" yaampun sabar yaa kaRon, lagian gimana ga pusing, kitakan bener-bener nasih NOL, eh langsung disodokin sama FLUKS, MAGNITUDO, PARSEC, Aaaaaapa ituuuu, ampun-ampunan kayanya pelatihan ga pelatihan sama aja.

Hari OSKpun tiba, setelah belajar TEORI planet-planet dan benda-benda Antariksa lainnya(soalnya itu doang yang bisa masuk), kitapun berangkat, dan untuk pertama kalinya kita di SPEND, dan rasanya, biasa aja -,- Okay tanpa kalkulator dan tanpa mengharap menang, kerjakan saja pokoknya niatnya hanya ikut saja, dan itu SUSAH banget saya tidak mengerti itu bahasa apa seperti bahasa planet, apa itu Albeno! pokoknya yang hitungan inget banget cuma bisa SATU soal, tentang trigonometri karna emang masih fresh abis belajar gituan di sekolah, yang teori yah.. saya fikir-fikir saja. yang lain liat pilihannya, yang menarik hati saya pilih, kacau kan..

Di Sekolah kalo ada yang nanya 'gimana OSN nya? bisa! kira-kira lolos ga??' haaghh.. senyum-senyum aja, 'haha.. doain aja yaa' dan hari pengumuman tiba, waktu itu abis mandi eh, dapet sms dari fath Qoonit lo lolos OSK. Waaaa, langsung jingkrak-jingkrak kesenengan, WHAT!! HOW CAN?? mengingat kebahagiaan dan kesemena-menaan saya ngerjain soal, bisa lolos, benar-benar tingkat keHOKIan saya sangat tinggi.

Setelah itu ada pelatihan lagi di SMA 68, kalo ini pelatihan beneran, yang ngadain dari DKInya, saat masuk clingak-clinguk, eh.. ada cewe pake kerudung mukanya terlihat welcome, 'boleh duduk disini?' dan 'oh.. boleh-boleh', dia adalah MILA temen OSN saya. Pas pertama kali dikasi soal. JRENG what the HELL, apa-apaan ini langsug 3 lembar! saya terbengong sesaat dan langsung sibuk cari rumus di buku Modul Astronomi yang belom pernah saya buka sama sekali, Mila, udah sibuk aja grasak-grusuk nyorat-nyoret sana-sini, klak-klik pake kalkulator, saya... jeng-jeng bingung harus nulis apa. Langsung tuh ruangan jadi neraka dunia! saya jerit-jerit tapi dalam hati 'WOOY..ADA YANG GA NGERTI KAYA GUA GA..' huaaa.. mau nangis, Mila yang kayanya bingung 'ini kalo mau pake, pake aja' dia menawarkan kalkulatornya, bingung kali dia, 'ini anak ko bisa ngerjain ga pake kalkulator' saya senyam-senyum hmm.. makenya aja belom bisa -.- . Hari kedua saya sudah memiliki kalkulator baru beli, karna belom bisa saya nanya ke Mila eh dia ngomong 'ooh.. ini yang model lama yaa..' haah ? krik krik..

Ujian Pra OSPpun berlangsung, tanpa belajar apapun, kan udah yaa pas pelatihan ampe otak panas, ga diitung?! eh, ternyaya saya belajar, belajar pake kalkulator. Sebelum tes dimulai, saya sempet denger ada orang ngomong "eh, sumpah dah make kalkulator aja gue belom bisa" hahahaa.. ternyata masih ada yang dibawah saya haha(senyum iblis). yaah.. kali ini saya bisalaaah.. ngerjain dikit-dikit, adalah coret-coretannya(ga kaya dulu polos), saya pulang dengan bahagia walaupun tidak bisa, setidaknya penderitaan akan segera berakhir.

Waktu itu kirain ga lolos, soalnya Bu Rita (guru pembimbing) ga sms sms, dan teman-teman sudah banyak yang berjatuhan (Mayang,kimia dan Irfan,fisika), udah deh pesimis, 'ah elah, mayang aja ga lolos apa lagi gua' terus iseng-iseng nanya bu Etty, "Bu saya lolos ga?" dan "Ooh.. Farah, Astronomi yaa.. lolos ko dua duanya" WHAT THE HELL! sambil menahan segala rasa senang yang muluap-luap "ooh gitu yaa bu, makasi yaa" langsung keluar kantor dan loncat-loncat, muter-muter, kaya orang gila, kesenengan.. Lalala..

Kenyataannya di TIM tidak sebahagia awalnya, karena paling bontot peringkat 70 dari 71 susah juga mengikuti, hari pertama paling neraka ga ngerti apapun tapi semakin lama semakin bisa mengikuti laah, walaupun sulit sampe kata temen-temen kurus banget kaya orang kekurangan gizi.

Ujianpun tiba, ga ada kepikiran emang buat menang, Jeng..jeng.. soalnya ngeledek masa, kan dari dulu yang paling saya tidak mengerti TATA KOORDINAT eh dari 7 soal 6 gituan semua jadilah mengarang bebas seperti yang selama ini saya lakukan. Dan................ Hasilnyaaaaaaaaaa jenjerenjengjeng! seperti yang sudah di perkirakan saya dan teman-teman saya BELUM LOLOS, hahaha.. tahun depan dicoba lagi, berdoa sama Allah, Tidak ada yang tidak mungkin kan :D sekian sampai jumpa di OSN selanjutnya

You Might Also Like

0 komentar

Instagram