Pantai Selatan Garut

10/29/2012 11:36:00 AM

Selamat Idul Adha semuanya! semoga amal-amal kita diterima, amin :)
Berkah Idul Adha salah satunya yang harus disyukuri adalah jalan-jalan! Alhadulillah...
berkat Idul Adha dua dosenku yang harusnya ngajar hari kamis, 25 Oktober 2012 'meliburkan diri', alhasil aku langsung tancap ke Jakarta untuk berlebaran bersama keluarga :D

Malam harinya, gema takbir sudah berkumandang membahana ke setiap rumah penduduk di seluruh Indonesia.

Pagi menjelang, semua berjalan lancar, kami sekeluarga datang tepat waktu untuk Salat Ied.

Tahun ini tidak ada ketupat, nenekku tangannya sudah sakit, get well soon grand :)

Yak, akhirnya kami sekeluarga, kecuali kayyis karena dia lebih memilih latihan basketnya, pergi berlibur ke Garut!
Kami berangkat pukul 10.00 WIB, sempat macet di beberapa titik di tol Cipularang, tetapi sebagian besar lancar, Alhamdulillah :)
sampai di Garut pukul 15.00 dan memilih untuk langsung mencari penginapan.

Ketika perut mulai berkoar-koar, saatnya wisata kuliner, sekedar info: tempat makan di Garut yang lengkap dan murah meriah bisa kalian temukan di jalan Siliwangi. Harga berkisar dari Rp7000-20.000. Selamat makan!


 Esok harinya pukul 4.45, kami melanjutkan perjalanan menuju Selatan Garut. Cuaca hari itu sangat mendung, beberapa kali gerimis kecil, berkabut dan sunrise pun tertutup awan :'' 
Jalan menuju Pameumpeuk memang terkenal dengan seribu kelokan, yang merasa suka mabok darat, siapkanlah kondisi dan obat-obatan pribadimu. Oke!



 Akhirnya pukul 8.30 sampailah kami di Pantai Santolo Indah, seperti namanya pantai itu memang sangat indah :) Biaya masuk per orang Rp3000 saja, dan untuk parkir mobil Rp5000. Hari itu pantai ramai oleh anak kecil dan keluarganya yang ingin berlibur menikmati pantai di pagi hari.
 Suasananya masih sangat asri, ada fasilitas banana boat dan perahu keliling.
 Untuk yang tidak suka keramaian, susurilah pantai sebentar menuju ke utara dan kalian akan menemukan pantai yang tenang, bersih, dan asri. Ombaknya tidak terlalu besar dan air lautnya dingin, kondisi yang sangat menyenangkan untuk berenang! Serasa pantai milik sendiri, hehe :p
 Puas motret, pukul 9.00 kami meninggalkan Pantai Santolo Indah menuju pantai-pantai indah lainnya. Satu jam perjalanan sampailah kami di Pantai Cicalobak. Kali ini semuanya gratis, namun memang panoramanya masih kalah indah dengan Pantai Santolo Indah.

  Area untuk berenangnya sempit, karena pantai ini berkarang.
 Destinasi terakhir, Pantai Ranca Buaya. Biaya masuk Rp3.000 per orang. Ada zona pantai berkarang untuk para pemancing ikan dan ada zona untuk berenangnya juga kok ;)
 Yak, pukul 12.00 akhirnya kami memutuskan untuk kembali pulang. Sempet nyasar sejauh 10km karena keterbatasan marka jalan.


Jadi, ini informasi penting buat kamu yang mungkin berencana jalan-jalan ke Pantai Selatan Garut dan akan pulang lewat Cianjur:
Jalan yang cukup lebar, pada foto di atas, yang rimbun dengan pepohonan tidak ada di peta, dan akan berujung ke Sukabumi.
Jadi, tepat sebelum menemukan Masjid Besar Al-Jihad Sindang Barang ini kalian harus belok kanan. Ini penting karena tidak ada marka jalan yang menunjukkan arah Cianjur berbelok ke kanan. Mengerti kan! haha :D

Oke Selamat Berlibur!

Kenali dan cintai negerimu :)

You Might Also Like

0 komentar

Instagram