BKI Company Profile di Balik Layar

8/06/2014 04:18:00 PM

 

Haaai semuanyaaaa, haha.. ><

Aku baru aja ngakak-ngakak gegara ngeliat video di atas. Itu video animasi pertama aku yang dibuat dengan corel draw dan movie maker. Asli niat banget! Grafisnya masih kaku parah. Waktu itu Qoonit baru belajar Corel Draw gitu, terus langsung sok-sok-an bikin ini, hekekek :p kapan sih gue gak sok-sok-an -__-

Inget banget waktu itu setelah video ini jadi langsung aku pamerin ke seluruh penjuru kost-an dengan penuh kebanggaan. Hakakakak >< sekarang aku ketawa-tawa liat video ini saking jeleknya, ya Allah :'(

Anyway, kejadian kayak gitu selalu terjadi tiap aku selesai buat video. Setiap ada video baru aku selalu banggain kemana-mana, terus beberapa hari setelahnya baru sadar, "ih..apaan ni? biasa aja juga!" -___-

HAHAHAHA *ngetawain diri sendiri*





Owkay! next! my second animation ><

Gak semalu-maluin yang pertama lah ya, tapi tetep aja bikin ketawa-tawa juga. Ini pun masih menggunakan Corel Draw dan Movie Maker. Aku juga gak habis fikir, kenapa ada orang yang mau-maunya pesen video beginian ke aku. Entah kakak Tia ini berpura-pura atau tidak, tapi doi hepi-hepi aja sama hasil video ini, wuehehehehe ><



 

daaaaaaaaaaan yang ketiga!

Kali ini ada perbaikan berarti, walaupun masih jauh dari baik :')

Dunia berputar, nasib berganti. Allah berbaik hati menitipkan komputer baru untukku. Alhamdulillaaah :'')
Kakaknya Novo ini kuat untuk menjalankan software Adobe After Effect dan Adobe Premiere. Software impian kita semua gitu, huaaaaaa :D

Okey, dan untuk kesekian kalinya Qoonit mulai sok-sok-an lagi ><
Aku langsung koar-koar ke seluruh dunia, 

Q : Gengs, kayaknya aku mau ubah konsep Company Profile buat BKI deh, gak jadi yang kita syuting waktu itu
H : Wah, syukurlah, saya malu muka saya banyak banget, ahahaha
Q : Ahaha..aku mau buat jadi animasi gituuu
E : Oh, kayak Undangan Mubes itu ya
Q : WAHAHAHA.... iya sih, tapi gak sejelek itu kok insya Allah
E : Waaa...jadi Zaid (maskot BKI) bisa gerak nanti?
Q : Iyaaaaa...doain yaaaaaa ><

Padahal, asli waktu aku tebar-tebar janji itu, aku gak tau gimana caranya membuat animasi dengan Adobe After Effect, bahkan waktu itu komputernya belom adaaaa, omaigadd! hekekekek :P

Kenapa PD banget si lu Qoooon :'''''D

Okkey, dan semenjak saat itu aku rajin download-download bermacam-macam tutoria Adobe After Effect. Bangun jam 1 pagi biar internetnya kuenceng >< solat tahajud dulu, download macem-macem tutorial, terus sahur.
Tuh banyak banget kaaaan, wuoooooo :D

Setelah itu aku jadi menyadari, betapa banyaknya guru-guru geratis di internet. Ilmu pengetahuan tersebar dimana-mana. Tinggal kita yang mau memanfaatkannya atau tidak. Selanjutnya aku ber "Oooo...Ooo..." ria setelah menonton video-video tersebut. Banyak sekali ilmu baru yang aku dapatkan, terima kasiiiiiiih kaliaaaan semuaaaa yang entah dimana berada ><

Pengerjaan video Company Profile ini memakan waktu 6 hari. Terhitung semenjak membuat konsep hingga video ini selesai.

Karna aku baru banget ngoprek-ngoprek Adobe After Effect ini, tentu banyak banget kesulitan yang aku dapatkan. Aku harus buka tutup window video tutorial, lalu mengaplikasikannya pada software. Bingung, liat tutorial, masih bingung, liat lagi, coba, bingung, liat lagi, dan seterusnya.

Sambil belajar, trial and error, salah, coba lagi, lagi, dan lagi, aku juga mencari pengisi suara untuk video ini. Aku sebar broadcast ke seluruh kenalan anak laki yang sekiranya punya suara oke:

"Hai..Assaamualaikum, BKI lagi mengadakan audisi pengisi suara untuk company profile. Mau ikutan kan? tolong kirimin contoh suara kamu ya lagi ngomong, 'BKI beda, di sini kami belajar menebar manfaat. Kamu bisa belajar Islam sepuasnya dan nikmati rasa kekeluargaan yang kuat!"

Jadilah, seharian itu aku dengerin bermacam-macam suara dan intonasi yang berbeda beda, kocaaaaaaaaaaaaaak bangeeeeeeeeeet asli bikin ngakak! Hakakakakak....Terima kasih kalian semua menghibur aku yang sedang pusying belajar After Effect :D

Di balik ngakak-ngakak hari itu, sesungguhnya belom ada suara yang oke buat jadi pengisi suara. Tetiba aku teringat seseorang, "Yaampun kenapa ga coba kang Zikri! diakan penyiar MQ FM, pasti kece lah!" Gotcha

Dengan kemampuan SKSD, aku pun berhasil mendapatkan suaranya yang membacakan segambreng teks yang aku berikan, hekekekek ><

Kang Zikri maafin aku mengganggu liburanmu, terima kasih banyaaaak sumbangan suaranya :D

Masalah pengisi suara berakhir, next! masalah selanjutnya : Membuat Animasi

Teman-teman, ternyata banyak hal yang tidak berjalan sesuai video tutorial. Ada beberapa tools yang tidak berjalan semestinya, ini membuat orang yang baru belajar After Effect yang udah bingung, jadi makin bingung, "Aaaah...kok gak bisa sih! ini kan harusnya gini, kok gak bisaaaa" :(

Kemudian baru aku sadari kalau memang ada beberapa tools yang tidak berfungsi. Namanya juga bajakan, oops, setelah pundung seharian, gak tau juga pundung sama siapa, akhirnya Qoonit bangkit lagi.

"Qoon, pliss..kan masih banyak tools yang lain, kenapa malah fokus ke yang enggak berfungsi? Ayooo Farqooon pasti bisa!" kataku dalam hati, Uwyeaaah.. dan semangatku kembali :D

Kemudian, aku merombak konsep awal karena banyak motion yang tidak bisa diaplikasikan. Aku mulai mendesain karakter-karakter ; Zaid, Cowok Fikom, Cewek Fikom, dan Zahra. Mendesain properti-properti lain yang akan tampil di video. Malam demi malam kuhabiskan untuk membuat animasi ini.

Aaaaand finnallyyy, selesai juga! Alhamdulillah :''')


Wehehe..walaupun banyak kekurangan sana-sini, tapi bahagia banget bisa menyelesaikan projek kali ini. The point is, ini baru permulaan, kamu bisa membuat yang lebih baik Qoonit >< semangat teruuuus!

BKI selalu jadi tempat aku untuk mencoba hal-hal baru, maaf telah menjadikanmu bahan-bahan percobaan, hekekek ><

Pada intinya, apapun yang orang katakan, cukup terapkan Do what you love, love what you do! 

Bahagiakan lah hidupmu ^^

You Might Also Like

0 komentar

Instagram